HANS KRANKL

HANS KRANKL – Hans Krankl disebut-sebut sebagai striker legendaris terbesar Austria. Ia memulai karier di klub Austria, Rapid Vienna. Meski jumlah gol Krankl di Rapi sangat luar biasa, tetapi FC Barcelon aharus menunggu hingga Krankl mendapatakan Sepatu Emas Erops (European Golden Boot) 1978 untuk melihat bakatnya.

Pada musim pertamanya memakai seragam Blaugrana, Krankl sudah mampu meraup simpati publik Camp Nou karena torehan gol yang sangat fantastis. Suksem membuat 29 gol dari 30 pertandingan liga, membuat dirinya lanyak menyandang gelar el pichichi (pencetak gol terbanyak) 1978/79. Cule memang telah jatuh hati pada Krankl. Bahkan ketika istri Krankl mengalami kecelakaan moobil, banyak dukungan dialamatkan kepada pasangan ini. Tidak lama setelah kecelakaan parah tersebut, Krankl membawa FC Barcelona menjuarai Piala Winner 1978/79 dengan gol yang dicetaknya pada menit 111. Gol Krankl itu memecah kebuntuan yang sebelumnua hanya bisa imbang 3-3 dan membuat FC Barcelona memnangi pertandingan melawan Fortuna Dusseldorf.

Masa keemasan Krankl memang terjadi tahun 1978. Itu terbukti ketika ia membawa Timna Austria menang atas Timnas Jerman untuk pertama kalinya sejak 47 tahun. Sama seperti kemenangan FC Barcelona atas Fortuna Dusseldorf, gol Krankl tercipta kala pertandingan hampir berakhir, tepatnya pada menit 88. Semua kesuksesan Krankl tersebut membuatnya menjadi sosok legenda hidup. Bahkan Krankl kemudian dibuatkan patung lilin dan dipanjang di Museum Madame Tussauds.

Ternyata yang terjadi pada musim pertama Krankl berseragam Blaugrana berbanding terbalik dengan musim keduanya. Musim 1979/80, Krankl hanya bermain di sembilan pertandingan liga. Begity pula pada musm 1980/81, Krankl hanya mendapat caps sebanyak tujuh pertandingan. Selama tiga musim membela FC Barcelona, Krankl telah bermain sebanyak 88 kali dengan 64 gol.