Jordan Pickford Menuai Pujian

COSMOBOLA – Inggris berhasil melaju hingga semifinal Piala Dunia 2018 setelah mempercundangkan Swedia dengan skor 2-0 pada pertandingan yang berlangsung semalam di Cosmos Arena, Samara. Kiper timnas Inggris Jordan Pickford dipandang menjadi kunci keberhasilan The Three Lions. Inggris sendiri mencetak gol lewat Harry Maguire(30′) dan Dele Alli (58′).

“Jordan kemblai menunjukan kelasnya sebagai kiper yang fantastis.Setelah berhasil dalam adu penalti melawan Kolombia pada babak 16 besar, ia melakukan sejumlah penyelamatan yang sangat cemerlang” ujar Alan Shearer. Setidaknya ada dua peluang didapat Swedia pada babak kedua, namun Pickford jadi penghalang terciptanya gol.

“Mungkin pada awalnya Publik bertanya-tanya, mengapa Gareth Southgate memilih Jordan sebagai kiper utama, dibanding seniornya. Hari ini Jordan menunjukan alasannya mengapa Gareth memilih dirinya. Reflek,Ketengangan,Kepercayaan dirinya sangat luar biasa” Ujar Alan saat menjadi komentator pertandingan.

Jordan yang berkelahiran 7 Maret 1994, baru berumur 24 tahun. Ia bermain untuk Everton yang bukan tim kalangan atas di Premier League. Sebelumnya ia menjadi pahlawan saat Inggris menjamu Kolombia, Inggris memenangi adu penalti 3-4. Jordan mematahkan tendangan Carlos Bacca.

“Untuk bisa melaju sejauh ini di Piala Dunia, Sebuah tim butuh kiper yang kuat. Aksi Jordan sangat fantastis dalam laga kontra Swedia,” papar Jurgen Klinsmann. Sang senior Rio Ferdinand mantan bek Timnas Inggris menganalisa mengapa Gareth memilih Jordan sebagai kiper utamanya. “Ia mendukung sistem permainan yang dikreasikan oleh Gareth. Inggris bermain dengan mengandalkan umpan-umpan pendek, Gareth sangat butuh kiper dengan tempo permainan cepat dan juga berani memegang bola, dan sesekali maju untuk memulai permainan. Ia adalah pemain yang memiliki karakter kuat”.