Jorge Sampaoli Enggan Angkat Kaki dari Kursi Kepelatihan Argentina

COSMOBOLA – Argentina harus pulang lebih dulu pada perhetalan Piala Dunia 2018, nyaris tidak lolos dari fase grup, tim Tango ahkirnya harus tersingkir usai dikalahkan Prancis 3-4 pada babak 16 besar Piala Dunia 2018.

Meski gagal, sang pelatih Jorge Sampaoli menyatakan tidak akan mengundurkan diri dari kursi kepelatihan Argentina. “Ini sangat memalukan dan menyakitkan, tapi dengan adanya saya disini tidak untuk mengevaluasi itu.” kata Sampaoli saat diwawancarai oleh wartawan apakah akan mundur sebagai pelatih.

Sampaoli juga membantah bahwa Argentina gagal. Padahal jika kita menilik kembali prestasi Argentina pada Piala Dunia 2014, ini adalah hasil yang buruk dan kemunduran untuk Argentina. Empat tahun lalu Tim Tango berhasil lolos ke Final sebelum ditaklukan oleh Jerman 0-1. “Ini adalah suatu hal yang membuat Frustasi,bukan sebuah kegagalan. Dalam permainan kami tidak memiliki banyak perbedaan” ucap Sampaoli

Sempat tertinggal yang disebabkan oleh gol Antoine Griezman, Argentina kemudian berhasil unggul lewat gol Gabriel Ivan Mercado dan Sergio Aguero. Perancis kemudian berhasil menyamakan kedudukan lewat Benjamin Pavard. Setelah itu Kylian Mbappe berhasi membawa Prancis unggul 4-2 atas Argentina. Kendati Argentina pada menit-menit terakhir berhasil mencetak gol lagi lewat Sergio Aguero, tapi takdir berkata lain Argentina harus kalah dari Prancis dengan score 4-3 “Mbappe menjalani malam yang luar fantastis dan dia seperti menghukum kami dengan permainannya” kata Sampaoli. “saat Mbappe memiliki sore seperti hari ini, itu adalah hal yang sulit bagi kami.”

Meski memiliki pemain sekaliber Lionel Messi, ternyata Argentina tidak mampu berbuat banyak dan menolehkan hasil yang buruk. Lantaran itu, wajar apabila peran seorang Messi dipertanyakan untuk kedepannya di timnas Argentina. Maklum ia hanya berhasil merobek gawang musuh sebanyak satu kali dalam empat pertandingan. “Kami mengandalkan Messi, Kami membantu dia kapanpun dia butuh bantuan, terkadang kami berhasil, namun bisa juga gagal”, ujar Sampaoli